TUGAS 1: SISTEM INFORMASI
SISTEM INFORMASI
Pengertian
Sistem Informasi adalah serangkaian komponen yang terintegrasi untuk mengumpulkan, memproses, dan juga menyimpan data. Nantinya, komponen ini akan menghasilkan berbagai informasi dan pengetahuan yang kemudian dapat digunakan untuk menghasilkan suatu keputusan di suatu organisasi.
Sebuah sistem informasi pada dasarnya terdiri dari lima komponen perangkat keras, perangkat lunak, database, jaringan dan orang-orang. Kelima komponen ini berintegrasi untuk melakukan input, proses, output, umpan balik dan kontrol.
Kegunaan
- Meningkatkan efisiensi dan efektifitas data yang disajikan secara akurat dan tepat waktu.
- Mengembangkan rencana yang lebih efektif.
- Menentukan investasi yang akan dilakukan untuk sistem informasi.
- Memproses semua transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan.
Stakeholder
Stakeholder adalah setiap individu, kelompok, atau pihak yang memiliki kepentingan dalam suatu organisasi dan hasil dari tindakannya dapat mempengaruhi atau dipengaruhi jalanya bisnis. Contoh umum dari stakeholder adalah karyawan, pelanggan, pemegang saham, masyarakat umum, dan pemerintah.
Input
Input adalah informasi yang dimasukkan ke dalam sistem informasi aset tetap. Input dapat berupa data baru tentang aset tetap, data pembelian, data perawatan dan perbaikan, data keuangan, dan data lainnya yang relevan. Input dapat dilakukan oleh staf administrasi, manajer, dan bagian lain dari organisasi.
Output
Output adalah informasi yang dihasilkan dari sistem informasi aset tetap setelah melakukan proses pemrosesan data. Output dapat berupa laporan aset tetap, laporan keuangan, catatan perawatan dan perbaikan, dan laporan lain yang relevan. Output dapat digunakan oleh manajer, bagian keuangan, komite audit, dan pemangku kepentingan lain untuk membuat keputusan yang efektif.
Comments
Post a Comment