TUGAS 8: DATA MODELING

 

DATA MODELING

Apa itu Data Modeling?

Menurut Techopedia, data modeling adalah hubungan berbagai elemen data yang berbeda untuk mengetahui informasi yang kita butuhkan. 

Data modeling akan melihat data yang dibutuhkan dan apa yang akan dilakukan terhadap data tersebut untuk kebutuhan client/bisnis. 

Tujuan utama data modeling adalah untuk menciptakan metode penyimpanan ter-efisien, dan juga menyediakan akses dan pelaporan terlengkap.

         Jenis Data Modeling

                   Data modeling ada 3 jenis, berikut ini merupakan jenisnya:

      1. Conceptual Data Modeling : Data model jenis conceptual adalah jenis model data yang menggambarkan penggunaannya aslinya. Dengan ini, data model yang dibuat harus dapat mendefinisikan apa yang ada di dalam sebuah sistem. Tujuannya adalah untuk mengatur, memperluas, dan mendefinisikan konsep dan aturan bisnis.
      2. Logical Data Modeling : Jenis selanjutnya adalah logical data modeling. Model ini digunakan untuk menetukan bagaimana sistem harus dilaksanakan terlepas dari database management system.
      3. Physical Data Modeling : Data modeling jenis selanjutnya adalah model data fisik. Ini menggambarkan bagaimana proses sistem tersebut diimplementasikan menggunakan sistem DBMS tertentu.

        referensi : https://glints.com/id/lowongan/data-modeling-adalah/

Comments

Popular posts from this blog

EAS APSI D - 5025201084

Tugas 1 - PPB B

TUGAS 3: FEASIBILITY STUDY